Advertisements
 
 

Tithing (Perpuluhan)


Hai Pembaca sekalian, apa kabar?

Terima kasih TUHAN! Merayakan 1 (satu) bulan aku dipindahkan ke tempat kerja yang super dekat dengan tempat tinggal aku -hanya 6 (enam) menit by car- dan dalam rangka menunggu teman-teman kerja aku dari cabang lain datang sekitar setengah jam lagi, aku mau share sesuatu yaaa…

Topik ini bisa dibilang mengundang kontroversi, tapi tak apalah. Kalau hal ini bisa memberkati aku, tentu juga bisa memberkati kalian juga.

Kalian tahu perpuluhan kan? Perpuluhan = 1/10 = 0.1

Apa kata Alkitab tentang perpuluhan? Bisa dilihat di Perjanjian Lama (Kejadian 14:17-20; Kejadian 28:20-22; Maleakhi 3:8-11) dan dalam Perjanjian Baru (Matius 23:23; 1Kor 6:19-20; Kor 5:15; Mat 22:17-21; Ibrani 4:16-17)

Bagi saya pengertian perpuluhan BUKAN memberi kepada TUHAN, tetapi baru MENGEMBALIKAN MILIK TUHAN. Saya sadar betul jika saya terlahir dengan telanjang dan tidak memiliki apa-apa, semua yang saya miliki hanya pemberian TUHAN. Jadi perpuluhan BUKAN hanya bicara UANG (materi) tetapi semua hal yang kita nikmati dan miliki, seperti WAKTU dan KEMAMPUAN/DAYA/TALENTA.

Bicara tentang uang, banyak yang bertanya kepada saya apa yang menjadi dasar perhitungan angka yang digunakan. Sekali lagi saya jelaskan bagaimana pengalaman keseharian saya, saya menjadikan BRUTO sebagai dasar perhitungan. Karena tidak mungkin terjadi NETTO tanpa BRUTO. Dan……tidak itu saja, kembalikan juga semua perpuluhan dari semua nikmat berupa penghasilan-penghasilan lain yang saya terima. Ingat bahwa semua nikmat yang saya rasakan berhasil dari Tuhan.

Bicara angka, TUHAN tidak melihat angka besar atau kecil, saya ingat dasarnya adalah SEPERSEPULUH ADALAH MILIK TUHAN.

Kalau ada pertanyaan apakah cukup? Puji TUHAN! Luar biasa! Tuhan mencukupkan sehingga saya cukup dalam segala hal, bahkan berkelimpahan sehingga bisa memberkati orang lain juga!

Pertanyaan lain yang mengatakan perpuluhan kita hanya untuk membuat kaya pendeta? Ingat!!! Motivasi memberi bukan untuk manusia tetapi TUHAN. Jadi bukan bagian saya untuk memikirkan atau mengurusi tentang penggunaan perpuluhan ini ๐Ÿ˜‰

Pencapaian saya hingga detik ini pun semua HANYA KEMURAHAN TUHAN saja. Puji Tuhan saya masih bisa bahagia hingga detik ini.

Saya juga belajar tentang bagaimana dipercaya oleh TUHAN, karena semua berasal dari Tuhan dan milik Tuhan, maka kita hanya PENGELOLA saja.

Jadi perpuluhan bagi saya berbicara:

  • Kesetiaan (setia perkara kecil tentu dipercaya perkara besar juga)
  • Ketaatan (mampu melakukan hal yang mustahil)
  • Kepercayaan (mau banget bisa dipercaya rahasia hati TUHAN)
  • Mujizat TUHAN nyata dan berlaku hingga saat ini
  • Kasih (kalau sudah ada pengorbanan tentu ada kasih di dalamnya)
  • Iman (yakin kalau Tuhan pasti sediakan dan mencukupkan)

Saya sadar sekali semua hal yang saya miliki adalah milik Tuhan, dan TUHAN MEMILIKI HAK UNTUK MENGAMBIL KEMBALI MILIKNYA. Biarlah semua kekayaan, waktu dan kemampuan yang saya miliki, semua yang berasal dari Tuhan, untuk Tuhan dan oleh Tuhan.

Terima kasih sudah mempercayakan saya selama ini.

Semoga memberkati kita semua.

Love,

K

Advertisements

~ by keishinta on November 3, 2017.

One Response to “Tithing (Perpuluhan)”

  1. Wah 6 menit deket bgt itu

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: