Advertisements
 
 

SMS PENIPUAN BARU (Ini Dia SMS PENIPUAN MODEL BARU)


Indonesia, 21 September 2011

Masih ada yang ingat tentang berita beberapa bulan yang lalu tentang terungkapnya sindikat penipuan Internasional di daerah BSD, Tangerang, yang melibatkan banyak warga negara asing seperti dari RRC, Taiwan, Hongkong ? Betul sekali, penipuan yang marak melalui SMS yang berbunyi “MAMA / PAPA / OM / TANTE SEDANG DI RUMAH SAKIT, TOLONG TRANSFER PULSA KE NOMOR INI. INI NOMOR TEMAN MAMA / PAPA / OM / TANTE” sudah berhasil diungkapkan oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia yang bekerja sama dengan Kepolisian Internasional untuk memecahkan kasus ini, bahkan para pelakunya pun sudah ditangkap dan dikirim ke negara yang bersangkutan untuk selanjutnya dilakukan proses hukum.

Dampak yang bisa dirasakan tentunya sms penipuan semacam tadi sudah sangat berkurang, meski tidak sepenuhnya berhenti karena terbukti beberapa teman saya masih ada yang menerima sms semacam itu. Di tambah lagi pemberitaan di televisi semakin memperjelas bahwa kita harus berhati-hati dengan bunyi sms penipuan semacam ini.

Saya pikir saya tidak akan pernah menerima sms penipuan lagi, tapi ternyata TIDAK. Sore tadi, tiba-tiba handphone saya berbunyi, tampaknya ada pesan yang masuk di inbox saya. Saya membacanya, satu demi satu kata yang ada. Pesannya dikirim oleh sebuah nomor handphone +6287721096429 yang tertulis seperti ini :

Selamat anda telah terdaftar member M-PULSA dengan kode agen D303-111 Pin anda 1234 Saldo anda Rp,0.- untuk menambah saldo Ketik INFO Kirim ke +6287820008358

Saat pertama kali saya selesai membaca pesan itu saya langsung tersenyum. Ternyata saya terpilih sebagai CALON KORBAN PENIPUAN ๐Ÿ˜€ Lucu memang, tapi saya akui penipu tersebut cukup kreatif. Dengan berbagai cara dilakukan, bahkan dengan mengubah kalimatnya menjadi LEBIH MEYAKINKAN dan tidak lupa menyebutkan KODE-KODE NOMOR SERI, seakan-akan resmi.

Banyak alasan yang menyebabkan saya berani mengatakan bahwa sms yang saya terima itu adalah SMS PENIPUAN, antara lain :

  • Pengirimnya adalah nomor handphone juga. Jika saya terpilih sebagai pemenang atau apapun itu yang sifatnya GRATISAN dan menguntungkan pasti pengirim sms haruslah dari CALL CENTRE bukan dari nomor handphone
  • Tapi jangan salah, penipu kadang sudah lihai, nomor handphone pengirim disamarkan melalui IDENTITAS PALSU seperti berasal dari CALL CENTRE. Untuk mengatasinya sangat mudah. Coba cek detail pesan tersebut, jika memang benar dari CALL CENTRE maka di detail pesan akan terlihat nomor CALL CENTRE yang biasanya hanya 3 (tiga) atau sampai 5 (lima) angka saja, TIDAK SAMA DENGAN NOMOR TELEPON BIASA yang memiliki banyak angka.
  • Langkah selanjutnya lihat isi pesan. Jika saya menerima pesan seperti yang baru saja, yang mengatakan “Selamat anda telah terdaftar member M-PULSA” maka saya harus bertanya kepada diri saya sendiri : “Kapan saya PERNAH MENDAFTAR menjadi member M-PULSA ??? Jika jawabannya TIDAK PERNAH, maka sms yang dikirim ke kamu itu PALSU (PENIPUAN)
Jadi jangan pernah memberikan respon sama sekali terhadap sms semacam itu, baik itu hanya sekedar membalas permintaan untuk memberikan INFO kita, atau membalas sms dengan kata-kata kasar atau bahkan mencoba menelepon langsung ke nomor yang tertera di pesan untuk memaki karena itu akan sia-sia (percuma).
Kejahatan model seperti ini adalah KEJAHATAN SINDIKAT dan untuk menanganinya hanya pihak kepolisian yang bisa. Pelaku sindikat ini lebih licik dari yang kita duga. Yang bisa kita lakukan adalah SEGERA MENGHAPUS SMS PENIPUAN yang kita terima itu dan berharap semoga sms yang kita terima tadi adalah sms penipuan terakhir yang kita terima ๐Ÿ˜‰
Semoga bermanfaat dan selalu waspada ya.
Salam,
kei

Advertisements

~ by keishinta on September 21, 2011.

2 Responses to “SMS PENIPUAN BARU (Ini Dia SMS PENIPUAN MODEL BARU)”

  1. itu orang pulsa mau cari donlen, cuma klo gak kenal lebih baik ga usah join krn ntar kta disuruh transfer uang sbg deposit kta utk transaksi isi pulsa, klo ga kenal dg upline kita, uang yg ditransfer bisa aja tdk bisa digunakan.

    Like

    • wahhhh,, bs dikatakan MODUS PENIPUAN juga dongkrn TIDAK TRANSPARAN. Dah gt, kalo kita sdh terlibat di dlm, kita GA BISA KELUAR=ciri-ciri SINDIKAT.

      Gw dah gerah bgt sama yg namanya penipuan, mungkin krn sering tertipu kali yaaa???

      hhahahahhaaa ๐Ÿ˜›

      Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: