Advertisements
 
 

Kopaja AC (Eksekutif) Beroperasi di Jakarta


Indonesia, 9 Agustus 2011

Demi membantu pemerintah mensosialisasikan Kopaja AC, saya tertarik untuk memposting beberapa hal mengenai Kopaja AC ini. Dikenal dengan nama Kopaja S13, kopaja AC ini mulai beroperasi hari Senin, 8 Agustus 2011 yang melayani Jurusan Ragunan Belakang – Slipi dengan rute via Cilandak KKO – Simatupang – Pondok Indah – Gandaria – Mayestik – CSW – Semanggi – Slipi – PP. Diawali dengan 20 armada yang tersedia, dimana 10 armada diberangkatkan dari Grogol, dan 10 bus lainnya dipersiapkan di Ragunan.

Tarif yang diberlakukan hingga tulisan ini diposting adalah Rp 2.000/penumpang/perjalanan dengan fasilitas AC. Kapasitas yang tersedia ada 27 tempat duduk dan 8 pegangan untuk penumpang berdiri. Pintu masuk disediakan di bagian depan dan untuk pintu keluarnya terletak di belakang. Dimana pintu depan dan belakangnya dilengkapi dengan tripod barrier yang nyaris sama dengan bus Transjakarta. Jam beroperasi bus Kopaja AC ini dimulai pukul 6.00 WIB – 22.00 WIB. Jam keberangkatan pun ditentukan termasuk tempat menaikkan dan menurunkan penumpang. Kopaja AC ini hanya berhenti di halte-halte yang sudah ditentukan pula.

Kelemaahan dari Kopaja AC ini karena belum mempunyai jalur khusus sehingga menggunakan jalur biasa yang artinya mau tidak mau harus mengalami kemacetan yang mengakibatkan penumpang harus menunggu lama di halte yang telah disediakan karena keterlambatan.

Mudah-mudahan nasib Kopaja AC ini tidak sama dengan mikrolet AC, karena sudah mulai ada perbaikan dari semua sistem terutama sistem manajemennya. Sopir dan kondektur bus Kopaja telah menggunakan sistem pemberian gaji, berseragam dan selalu di cek kesehatannya sebelum berangkat dari pool bus. Info yang di dapat isunya sopir kopaja digaji Rp 2,6  Juta, sehingga tidak ada sistem kejar setoran yang mengakibatkan supir ugal-ugalan di jalan.

Dikarenakan ditetapkan tarif non subsidi, ada kemungkinan tarif yang berlaku saat ini Rp 2.000/penumpang/perjalanan akan dinaikkan demi perawatan dan pemeliharaan Kopaja AC ini nantinya.

Semoga info ini bermanfaat.

Salam,

kei

Advertisements

~ by keishinta on August 9, 2011.

One Response to “Kopaja AC (Eksekutif) Beroperasi di Jakarta”

  1. […] Kopaja AC (Eksekutif) Beroperasi di Jakarta […]

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: