Surat Keterangan Belum Menikah


Indonesia, 12 Agustus 2011

Berikut saya memberikan contoh Surat Pernyataan Belum Menikah yang harus dibuat sebelum kita mengurus Surat Keterangan Belum Menikah yang dibuat di tempat asal atau alamat terakhir di Indonesia yang ditandatangani Lurah dan Camat dan dilegalisir oleh Kantor Urusan Agama (KUA)/Catatan Sipil, Departemen Kehakiman & HAM, Direktur Konsuler-Departemen Luar Negeri/Deplu, dan Kedutaan Negara Numpang Nikah (negara tempat dilangsungkannya pernikahan) yang berada di Jakarta.

Namun sebelum Surat Keterangan Belum Menikah ini dikeluarkan pihak kelurahan dan kecamatan pasti meminta kita membuat Surat Pernyataan Belum Menikah yang menjadi dasar dibuatnya Surat Keterangan Belum Nikah.

Berikut contohnya :

SURAT PERNYATAAN BELUM PERNAH MENIKAH


Yang bertanda tangan dibawah ini :

N a m a                     :   XXX

Jenis Kelamin             :   XXX

Tempat/Tgl. Lahir       :  XXX

Warga Negara            :  Indonesia

Agama                      :   XXX

Pekerjaan                :   Karyawati

Tempat Tinggal         :   XXX

            Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya sampai saat ini belum pernah menikah dengan siapapun baik secara Adat, Hukum Agama, maupun Hukum Negara dan benar-benar masih perjaka (Bujang) / gadis (Perawan).

            Demikian Surat Pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan apabila suratpernyataan ini tidak benar, maka saya bersedia dituntut sesuai dengan Hukum dan Undang-undang yang berlaku.

 Jakarta,  XXXXXXX

Yang menyatakan,

(materai 6000)

XXX

                                                                                                                            

Surat Keterangan Belum Nikah yang sudah ditandatangani kelurahan dan kecamatan tersebut sebelum dilegalisir harus diterjemahkan dulu ke dalam bahasa negara tempat dilangsungkan pernikahan.

Demikian informasinya, semoga bermanfaat.

Salam,

kei

About these ads

~ by keishinta on August 12, 2011.

34 Responses to “Surat Keterangan Belum Menikah”

  1. [...] masukan dan koreksinya ditunggu yah. Untuk contoh Surat Keterangan Belum Menikah bisa dibaca di http://keishinta.wordpress.com/2011/08/12/surat-keterangan-belum-menikah/ Salam, kei Share this:FacebookTwitterStumbleUponEmailRedditDiggLike this:LikeBe the first to like [...]

    Like

  2. hahaha, penting nih …

    Jadi MARI KITA MENIKAH, eh kapan?

    Like

  3. [...] Surat Keterangan Belum Menikah [...]

    Like

  4. caranya di legalisir Departemen Kehakiman & HAM, Direktur Konsuler-Departemen Luar Negeri/Deplu gimana ? apa harus ke Jakarta, saya lagi di Luar negeri, yang ngurusin ortu, waah.. ribetnya (-_-)

    Like

    • 1. Legalisirnya ke kemenkumham (kementrian hukum dan ham) di Rasuna Said, Jakarta.
      2. Kantor Deplu Pejambon Jak-Pus
      3. Kedutaan yang bersangkutan.
      Jika ortu Mba Fenny msh blm terlalu tua, saya rasa msh bs mewakilkan Mba Fenny utk urus2 semua dokumen. Memang ortu Mba Fenny tinggal dmn ??

      Like

  5. thanks bwt infonya.. bless u

    Like

  6. kak,mereka nanti sign dimana?dicontoh tersebut kan tidak ada kolom untuk lurah,camat,dan catatn sipil juga harus tandatangan juga ya atau hanya sampe di camat aja?

    Like

    • Utk formulir, di Kelurahan sudah ada formatnya, jd yg kita perlu lakukan hanya membuat Surat Pernyataan Belum Menikah seperti yg di atas, lalu kita ke kelurahan dan lanjut ke kecamatan, kemenkumham, deplu dan kedutaan yg bersangkutan utk proses selanjutnya.

      Semoga bermanfaat ;)

      Like

  7. kak,

    kedutaan swiss minta Surat Keterangan asli yang dikeluarkan oleh
    Kantor Catatan Sipil (untuk yang beragama lain) dengan menerangkan 3 (tiga) hal sebagai
    berikut status Perkawinan (belum pernah menikah, cerai hidup atau cerai mati), Domisili, Kewarganegaraan bukan dari kelurahan..

    sama saja prosedurnya?
    terima kasih :)

    Like

  8. kalo yang sudah pernah menikah dicantumkan dalam persyaratan dokumen itu ada akta pernikahan sepertinya tdk ada hanya buku nikah atau yg dimaksud akta keluarga setelah menikah…

    Like

  9. jika dikemudian hari ternyata surat keterangan tersebut tidak benar apa sanksinya, namun apabila surat keterangan tsb di buat tahu sama tahu dengan calon istri apakah suatu saat si istri bisa menuntutnya jika ada perselisihan atau gugatan cerai dari istri?

    Like

    • mohon maaf Mba Citra, kalau masalah ini saya tdk bs memeberikan saran, tp seperti ada peribahasa menyebutkan sepintar-pintarnya bangkai ditutupi, baunya tetap tercium juga, jd lebih baik melalui proses hukum yg berlaku saja.
      Terima kasih sudah mampir yaa.

      Like

  10. Hi , Saya mau nanya kak,
    setelah kita membuat surat keterangan seperti diatas, kita ngambil masing- masing formulir berbeda di setiap departemen yg bersangkutan (Lurah, kemenkumham, Deplu, Kedubes) dan diisi, begitu kak? Artinya kita akan punya sekitar 5 formulir berbeda yg sudah disahkan tiap departemen…
    apa yg saya sebutkan diatas sudah benar?
    Kira-kira, berapa lama prosesnya kalau boleh tau?

    Thanks

    Like

    • Hai Valonia… apa kbr??
      Mmmm… jd prosesnya begini… kamu buat dulu Surat Pernyataan Belum Menikah seperti yg saya contohkan tsb. Surat inilah lah yang menjadi dasar dibuatnya Surat Keterangan Belum Nikah yg dikeluarkan pihak kelurahan dan kecamatan. Kemudian Surat Keterangan Belum Nikah yang sudah ditandatangani kelurahan dan kecamatan tersebut harus diterjemahkan dulu ke dalam bahasa negara tempat dilangsungkan pernikahan kemudian dibawa utk dilegalisir ke Kantor Urusan Agama (KUA)/Catatan Sipil, Departemen Kehakiman & HAM, Direktur Konsuler-Departemen Luar Negeri/Deplu, dan Kedutaan Negara Numpang Nikah (negara tempat dilangsungkannya pernikahan) yang berada di Jakarta.

      Apakah penjelasan sy sdh cukup jelas Valonia??? Jika msh ada hal yg ditanyakan mohon jangan sungkan, jika bs.. akan sy bantu…

      Salam hangat
      kei

      Like

  11. Hi saya berencana akan melangsungkan pernikahan di lyon france. Mereka meminta syarat2 copy paspor, akte kelahiran asli, surat ket belum menikah And Certificate of Custom yg dikeluarkan dr kedutaan indonesia di paris. Yg ingin saya tanyakan:
    1.Utk mendapatkan Certificate of Custom apa saja dokumen yg saya harus lengkapi
    2. Apakah semua dikumen/ syarat2 yg saya sebutkan diatas harus saya terjemahkan di indo atau di kedutaan kita yg berada di paris yang melakukannya?
    mereka (lembaga pernikahan di lyon) meminta semua dokumen diterjemahkan di kedutaan Indonesia di Paris.
    Terimakasih atas penjelasannya:)

    Like

    • Hai Ros, pa kbr ? maaf telat bgt balesnya nii.. Udah diurus blm?? Jika posisi kamu ada di Indonesia seharusnya saat km membaca komen2 penjelasan saya sebelumnya pastinya sudah cukup jelas yaa… Detail lengkap mungkin bisa ditanyakan di Kedubes Perancis di Indonesia.
      Tapi kalau posisi kamu di Perancis, mungkin detail lengkap bisa di tanyakan di Kedubes Indonesia di Perancis dulu biasanya mereka akan memandu instansi2 apa saja di Perancis yg harus kita hubungi.
      Semoga penjelasan saya cukup membantu yaa..
      Boleh di-share di sini dong kalau prosesnya sdh selesai.
      Thanks -kei-

      Like

  12. Halo kak, mau nanya,
    Aku rencana mau nikah dengan orang america yang kerja dan tinggal di thailand (chiang mai), kita rencana mau nikah di thailand saja, biar gak ribet hehehe…kira2 syarat2nya sama tidak ya?

    Makasih kak,
    Mega

    Like

    • Hai Mega… maaf telat bales, utk di Thailand saya tidak tahu krn sdh beda negara. Trus bgmn jadinya? sdh km urus blm? boleh dong di-share di sini…

      Salam hangat
      -kei-

      Like

  13. Hai kk mf sblmnya…andai pnya anak di luar nikah dgn warga negara Taiwan gmn procedure ya…?sdangkan pihak taiwan mengharuskan surat peryataan blm menikah bgi sang ibu yg berwarga Indonesia bru bsa mengurus si anak mnjdi wrga taiwan,di sini saya krng fhm mksdnya..trimakasih sblmnya di tnggu jawabanya

    Like

    • Hello Abdul Rofiq.. menurut pendapat saya dibuat saja Surat Pernyataan Belum Menikah-nya, toh kan secara hukum memang blm menikah sehingga surat menyurat bisa langsung diproses tanda ada hambatan.

      Salam -kei-

      Like

  14. Hi…aku mau nanya, aku mau nikah dgn wrga negara slovenia yg bekerja di austria, apakah surat2 spt akte lahir dan akte cerai hrs di legalisir di kedutaan austria di jkt or lnsg ke kedutaan slovenia( berhubung kedutaan slovenia tdk ada di jkt) ? Dan apakah sy hrs melengkapi surat keterangan blm menikah krn sy telah bercerai(surat cerai apakah tdk cukup?.. Btw skg sy sudah di austria. Tks atas jwbnx..

    Like

    • Hai Mba Maira, apa kbr?
      Berhubung posisi Mba sudah di Austria saya kurang paham aturan main disana Mba, pertanyaan saya selanjutnya adalah Mba akan menikah dmn? Di Austria, Slovenia atau Indonesia? Lalu –maaf–apakah agama Mba?
      Jika posisi sdh di Austria, ingin menikah di Austria dan non-muslim, saran saya mba harus dtg ke catatan sipil di sana dan bertanya ttg dokumen yg diperlukan jika akan menikah di Austria juga menjelaskan kondisi Mba yang sdh bercerai. Mba juga bisa dtg ke Kedutaan besar Indonesia yg ada di Austria utk bertanya apakah ada dokumen yang harus disiapkan, biasanya mereka sangat helpful sama kita Mba.

      Semoga jawaban saya dapat membantu Mba Maira. Apakah ada yang bisa masih ingin ditanyakan Mba?
      Mba bisa add Channel BBM PIN C00356DA4 saya utk chat yg lbh nyaman.

      Salam hangat,
      kei

      Like

  15. Add me on BBM… PIN C00356DA4
    Thanks -Kei-

    Like

  16. Hai Kei, Saya mau bertanya tentang ganti bahasa kenegara yg saya akan nikah. Saya berniat menikah di Hungary trus ada saran gmana saya bisa terjemahkan kebahasa hungary. melalui kedutaan hungary di jakarta atau saya harus kirim surat itu ke Hungary langsung. Karena prosesnya khan saya juga harus lapor ke kedutaan Hungary. jadi kira2 procedure gmana ?
    1. Apakah saya harus kedutaan hungary buat translate trus baru legalisir ke KUA, DepHam, Deplu and datang lagi ke kedutaan atau kalo semua sudah terlegalisir baru ke kedutaan hungary.
    2. Kalo saya translate dulu apakah KAU, Depham dan Deplu mengerti bahasa.. takut aja nanti mereka bingung.
    3. Legalisir di KUA, Depham dan Deplu kira butuh berapa lama, apakah setiap tempat saya bisa dapet sehari-sehari
    4. Kira2 di kedutaan pertanyaannya apa yaa.. takutnya khan mereka kira kita nikah karena mau cari hidup di luar, maklum kadang mereka agak curiga ama Indonesia. Masalahnya saya berniat untuk tinggal sementara disana.
    5. Kira2 mereka mengecheck rekening tabungan kita ngak dan kalo iya limit brapa yaa..

    Terima kasih kei sebelumnya…

    Like

    • Hai Sanin… apa kabar? Maaf terlambat balas.
      Untuk menjawab pertanyaan kamu semua saya harus tahu dulu posisi kamu dimana sekarang?
      Jika kamu di Indonesia yaa pertama-tama kamu harus mendatangi Kedubes Hungary di Jakarta untuk bertanya syarat-syarat apa untuk bisa menikah di sana.

      Kamu harus tahu bahwa setiap negara itu berbeda-beda peraturan dan syarat-syarat yang dibutuhkan, ada yang mudah dan ada yang sangat mendetail. Jadi tidak bisa dipukul rata semua aturan di semua negara apalagi kita langsung translate bahasa.

      Semoga jawaban saya cukup jelas yaaa. Semoga dapat membantu kamu.

      Salam hangat,
      kei

      Like

  17. halo.. sy mau tny, sy sdh punya surat nikah dari catatan sipil indonesia sekarang sedang mengurus surat nikah di kedutaan taiwan, tapi yang jd masalah pihak kedutaan taiwan butuh surat keterangan belum menikah sedangkan saya belum mengurusnya krn dr catatan sipil ga diminta, dan status di ktp dan kk sudah berubah menjadi menikah, apa bisa saya mengajukan surat keterangan belum menikah?

    mohon bantuannya yah.. terima kasihh..

    bisa balas via email dev1l_g4lz@yahoo.com terima kasih

    Like

  18. Free Piano

    This definitely be the next preference. You are perfect, theme team. I Really enjoy the system, fonts along with the perfect subject. Thanks for a great valuable design. Great job! Keep up the ultra do the webjob!

    Like

  19. Hallo Kei,

    Terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini, kebetulan sekarang lagi pusing untuk mengurus pernikahan dengan calon suami WNA, dan kami berdua berdomisili di Luar negeri. Saya mau tanya, Setelah saya membuat surat pernyataan belum menikah, Apakah saya sendiri harus pulang ke Indonesia untuk mendapatkan surat keterangan belum menikah dari kelurahan? Apakah boleh diwakilkan oleh kakak saya atau orang tua saya?

    Terimakasih dan Salam

    Like

    • Hai Mba NN (maaf saya tertulis identitas Anda),
      Untuk pengurusan boleh diwakilkan oleh keluarga yang berada di Indonesia, yang penting semua syarat-syarat pengurusan lengkap, pasti tidak ada masalah.
      Semoga berhasil yaaa. Salam kenal -kei-

      Like

      • Terimakasih banyak Mba Kei atas balasannya, kalo begitu saya segera buat surat pernyataan keterangan belum menikah, agar keluarga saya bisa cepat memproses surat keterangan belum menikah dari kelurahan.
        Salam:)

        Liked by 1 person

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 188 other followers

%d bloggers like this: