Jantung Koroner, Katerisasi, Ring (Stent) dan ByPass


Indonesia, 11 Juni 2011

Saya membuat post ini dari hasil mengkopi penjelasan dari Dr. Fuad Jindan, beliau sebagai Konsultan Ahli Bedah Jantung, Heart Centre NRW, Bad Oeynhausen, Germany yang menjelaskan :

Penyakit Jantung koroner pada umumnya baru di indikasikan utk Operasi ByPass apabila ada penyumbatan lebih dari 50 % di lebih dari 2 atau 3 pembuluh darah di Jantung.
Operasi Jantung lebih di tentukan keberhasilannya dan prognosenya apabila fungsi jantungnya masih di atas normal atau sedikit di bawah normal yang dapat diketahui lewat pemeriksaan Echokardiographie atau kateterisasi Jantung sekitar lebih 55 %. Apabila di bawah 35 %, sangat besar resikonya untuk operasi Jantung.

Operasi Jantung / Bypass bila di lakukan dengan mengambil material utk pembuluh darah pengganti dari arteri yang terdapat di tangan ( a. Radialis ) dan di bwh dinding dada ( a. Thoracica ) dapat bertahan selama 20 – 25 tahun bebas serangan Jantung Koroner. Apabila pembuluh darah pengganti di ambil dari kaki, dapat bertahan sekitar 10 – 15 tahun bebas serangan jantung koroner pasca Operasi ByPass.

Tetapi semuanya tergantung dengan pencegahan terhadap hal-hal yang menyebabkan penyumbatan terjadi seperti penyakit DM (Diabetes Melitus) -nya hrs di terapi, obat-obat pengencer darah rutin di minum PASCA OPERASI, dan kolesterol dijaga jangan sampai di atas normal.

Sedangkan Stent atau Ring ( di balon dulu setelah itu di pasang ring ) atau Balon ( hanya di kembangkan tanpa memasang ring ), hanya mempunyai waktu 5-7 thn bebas penyumbatan pasca dilakukan operasinya, setelah itu secara natur (alami) akan terbentuk lagi penyumbatan dan akan ada (kemungkinan) serangan jantung koroner lagi utk Stent, untuk Balon hanya 2- 3 tahun bebas serangan, setelah itu akan terbentuk lagi sumbatannya.

Biaya untuk Balon termasuk murah, sedangkan Stent tergantung dari kualitas Stent-nya, Stent yang bagus dapat bertahan sampai 7 tahun bebas serangan, harga satu Stent sekitar 45 – 75 juta rupiah blm termasuk biaya kateternya, dokternya dan perawatan 1-2 hari di RSnya. Jadi bisa membutuhkan biaya sekitar 150 – 250 juta bila 2 atau 3 atau lebih penyumbatan yg ada dan membutuhkan Stent lebih dari 3 buah.

Pemasangan Stent juga ada resikonya, bila pada saat di lakukan kateter dan pelebaran pembuluh darah jantung dengan balon untuk dapat meletakkan Stent / ringnya itu pecah karena penyumbatan yang keras, harus secepatnya (emergency) dilakukan operasi Jantung ByPass untuk dapat menyelamatkan jiwa pasien.

Operasi ByPass sekali dilakukan dapat melakukan 2, atau 3, atau 5 bypass sekaligus dalam waktu 3-4 jam total waktu operasi. Biayanya sekitar 150- 200 juta rupiah paket operasi dan perawatan selama 7 – 10 hr. Operasi dapat dilakukan di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta atau di Siloam Hospitals ( kolega saya dari Bedah Jantung Royman Simanjuntak ), tidak harus ke Malaysia atau Singapura.

Pasca Operasi Jantung dibutuhkan waktu sekitar 1- 2 bulan pemulihan terhadap pola makan, pendidikan pencegahan terhadap kegemukan dan kolesterol, olahraga dan aktivitas-aktivitas yang boleh dilakukan selama fase tersebut. Setelah itu pasien dapat melakukan semua aktivitas sehari tanpa ada batasan yang dilarang, hanya saja masih di dalam batas-batas normal.

Segala bentuk penyakit penyerta seperti Drh Tinggi, DM, Kolesterol, tidak menjadi faktor yang membahayakan untuk operasi jantung selama fungsi jantung masih bagus, termasuk juga usia. Tetapi usia di atas 70 tahun apabila organ-organ yang lain masih baik seperti ginjal, hati dan pencernaan serta tidak ada riwayat stroke maka TIDAK ADA RESIKO UNTUK DILAKUKAN OPERASI JANTUNG.

Jantung adalah motor penggerak yang ada di dalam tubuh manusia seperti pada mobil dan motor roda dua. Jadi peliharalah, berikan perawatan yang baik terhadap motor tersebut, agar dapat berfungsi dengan baik dan optimal jangan menunggu motor tersebut rusak dan tidak berfungsi.

Semoga penjelasan ini dapat memberikan manfaat yang baik utk para pembaca dan peminat blog ini.

Dr. Fuad Jindan
Consultan Ahli Bedah Jantung
Heart Centre NRW, Bad Oeynhausen
Germany.
_______________________________________________

Ditambah ada pernyataan dr. Anis  yang mengatakan :

Komentar Dr. H. Soesilo Wibowo, Sp.Jantung dan Pembuluh darah, pada halaman 108 dan 109 di buku berjudul “Pengalamanku berhasil dengan pengobatan alternatif” dari Penerbit Majalah Nirmala, Jakarta, tahun 2001 :
“Kelebihan (terapi) KHELASI dibandingkan dengan operasi, balon, dsb, (adalah) lebih murah karena tanpa operasi. Bahayanya hampir tidak ada bila ditangani dengan betul, baik dari dosis, waktu, maupun cara pemberiannya dan tidak boleh diberikan cepat-cepat.” Untuk lebih jelas, Silahkan kontak di klinik SMC 021-8504931.
_______________________________________________

Rumah sakit alternatif yang bisa dijadikan pilihan selain yang sudah disebutkan di atas bisa juga ke :

  • RS Adventish Penang, Malaysia dengan Dr. Teh Aink Seng,
  • RS Mahkota Medical Centre, Malaka (Malaysia) oleh Dr. Lim Boon Aik,
  • Rumah Sakit HSC  Kuala Lumpur, Malaysia,
  • Singapore General Hospital oleh Dr. Liem Swie Liem.

_______________________________________________

Sebagai catatan : biaya operasi jantung dengan ASKES di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita GRATIS…. umumnya ada tambahan obat Non Askes sekitar 1,5 jt – 5 juta-an.
Untuk biaya normal pasang ring sekitar 25jt/ring, sementara untuk by pass 55-75 juta rupiah.

Terima kasih sebelumnya kepada Bapak Progoharbowo yang sudah memposting tulisan sebelumnya sehingga saya tidak sengaja menemukan dan membacanya.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Salam,

kei

About these ads

~ by keishinta on June 11, 2011.

15 Responses to “Jantung Koroner, Katerisasi, Ring (Stent) dan ByPass”

  1. [...] post by keishinta var addthis_language = 'en'; Filed under Uncategorized ← All you need is Love! [...]

    Like

  2. [...] Jantung Koroner, Katerisasi, Ring (Stent) dan ByPass [...]

    Like

  3. mba jadi yg lebih update biaya pemasangan stent itu yang mana? yang 25jt/ring atau yang 150jt?
    trims

    Like

    • “harga satu Stent sekitar 45 – 75 juta rupiah blm termasuk biaya kateternya, dokternya dan perawatan 1-2 hari di RSnya” —-> versi Dr. Fuad Jindan, beliau sebagai Konsultan Ahli Bedah Jantung, Heart Centre NRW, Bad Oeynhausen, Germany
      sedangkan….
      “biaya operasi jantung dengan ASKES di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita GRATIS…. umumnya ada tambahan obat Non Askes sekitar 1,5 jt – 5 juta-an.
      Untuk biaya normal pasang ring sekitar 25jt/ring, sementara untuk by pass 55-75 juta rupiah.”

      Pertanyaannya adalah : kamu mau yang mana ??? Saran saya RS Jantung Harapan kita juga sudah bagus,,, atau mau coba Siloam juga boleh,,,

      Thx dan salam hangat ;)
      kei

      Like

      • ngga ah saya mah ga mau di-stent, cuman bulan lalu ketemu bu fadilah supari diminta ikut beliau ngembangin stent di indonesia.
        saya lagi cari info berapa sebenarnya supplier jual 1 stent ke RS lalu RS jual berapa ke pasien … pasti susah dapat referensinya ya.

        salam kenal

        Like

      • oooooo gt toh Pak Hendra,, kisaran utk RS Jantung di Jkt sekitar 25 – 75 juta deh, tergantung RS-nya. Yang terjangkau memang RS Jantung Harapan Kita, malah bisa GRATIS jika trmsk gol orang tdk mampu Pak. Sptnya tdk cuma mslh stent saja yg spt itu Pak, obat2an kan juga demikian, mangkanya pemerintah menetapkan batas harga terendah dan tertinggi-nya brp (contoh:obat2an), contoh lain : biaya konsutasi dokter juga berbeda2, dll dsb
        Saya setuju bgt jika program ini dikembangkan di Indonesia Pak, apalagi jika “BENAR2 bisa dirasakan oleh golongan tdk mampu”
        Sukses utk Bpk ;)

        Like

  4. disini: http://www.antaranews.com/print/74015/
    disebutkan harga 1 stent produksi Biosensor Rp 5-6 juta, 30% lebih murah dari stent lain di Indonesia.

    Like

  5. [...] itu By Pass Jantung?? Baca disini keishinta.wordpress.com/2011/06/11/jan… dan disini health.kompas.com/read/2011/05/3… [...]

    Like

  6. Pasca operasi bypass jantung sakit pada telapak kaki kiri tak kunjung sembuh?
    Bp Saya 52th pada awalnya punya penyakit stroke di kaki kiri dan tangan kiri,
    Pasca operasi bypass jantung, telapak kaki kiri terasa nyeri tak terhingga. Sakitnya 24jam, otomatis tidak tidur. Sudah sebulan lebih (perih,nyeri,terasa panas) sudah ke Dokter yang menangani operasi Bapa, diberi obat, namun tiada hasil yang berarti, kemudian konsultasi ke Dokter Saraf diberi obat juga, dan hasil nihil, hingga sekarang,,,,sudah 1bulan lebih Bapa susah tidur karena telapak kaki kirinya yang nyut-nyutan tiada henti,, mohon bantuannya

    Like

    • Hello Mega.. Sy ikut prihatin dan mendoakan agar Bapak Anda segera membaik kondisinya. Saya tidak bisa memberikan saran secara medis terhadap kondisi ayah Anda karena saya bukan dokter ahli dan situasi seperti ayah Anda-pun tidak saya alami. TAPI, jika saya adalah Anda, mungkin yang akan saya lakukan adalah tetap meminta kepastian terhadap dokter dan institusi yang terlibat menangani ayah Anda, sampaikan keluhan2 Anda tersebut, tanya apa penyebabnya dan minta solusi atas kondisi tersebut. Ayah Anda yang menderita, berhak untuk meminta pertanggungjawaban atas kondisi yang terjadi saat ini.
      Kalau Anda pindah institusi ke tempat lain yang belum pernah menangani ayah Anda sebelumnya, maka membutuhkan semua data2 kondisi ayah Anda (untuk membaca riwayatnya), sehingga bisa direview atas tindakan penanganan selanjutnya.
      Demikian, semoga penjelasan saya ini cukup membantu Anda dan saya tetap mendoakan ayah Anda segera pulih. Amin.
      Salam hormat untuk ayah Anda.
      Terima kasih -Kei-

      Like

  7. pengobatan alternatif pada penyakit jantung itu gmn caranya? tolong kasi refferensinya donk untuk yg alternatif.thx

    Like

    • Menurut pendapatku pribadi pengobatan alternatif bisa berupa :
      1. Obat tradisional seperti daun sirsak, kulit manggis, madu atau bunga rosela.
      2. Hindari ASAP rokok, kurang istirahat, kegemukan, hipertensi (Tekanan darah tinggi), tingkat stress yang tinggi, konsumsi makanan berkolesterol tinggi, konsumsi makanan manis atau karbohidrat berlebihan serta kurangnya berolahraga.
      3. Mulai pola hidup sehat seperti TIDAK MEROKOK, berolahraga, istirahat yang cukup, pola makan sehat, juga segera cek ke dokter jika sudah melihat ada gejala2 sehingga dapat diambil tindakan pencegahan.

      Semoga jawaban ini membantu yaaa….

      Salam hangat -kei-

      Like

  8. Tk. Fuad. Kebetulan hari ini mertua (wanita/82 thn) saya mau pasang stent, tak ada penyulit lain namun begitu prosedur mau dilakukan , blood pressure naik jadi 220 mHg mk tindakan dibatalkan. Bgmn sebaiknya menurut hemat anda?

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 188 other followers

%d bloggers like this: